banner 728x90 banner 728x90
BERITA  

Berawal Dari Wabah’ Covid-19′ Dan Ketidak Berdayaan Masyarakat Kurang Mampu, ASR. Berinsiatif Mengadakan Mobil Ambulance Gratis Untuk Masyarakat Sultra

banner 120x600
banner 325x300 banner 325x300

Kendari,Spiritline.Id – Berawal dari masa Pandemik’ Covid 19′ di mana masyarakat kurang mampu mengalami kesulitan, saat mengalami wabah penyakit Covid dalam menggunakan kendaraan untuk di rujuk ke rumah sakit tertentu.

banner 325x300

Bahkan tidak sedikit di kalangan masyarakat kecil membawa jenasah keluarga mereka dengan cara di pikul, bahkan dengan menggunakan Kendaraan roda dua.

Melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat yang tidak berkecukupan saat membutuhkan Kendaraan roda empat  yang Emergency dimana  saat Kesehatan tidak kondusif, sejak itulah MayJend.TNI Purnawirawan Andi Sumangerukka,SE,M.M berinsiatif mengeluarkan Rezky yang di dapatkan untuk mengadakan Mobil Ambulance di setiap Daerah Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, sebab menurutnya apa yang telah di berikan oleh Allah.SWT.di situ ada orang lain yang membutuhkan.

Dalam mewujudkan pelayanan Kesehatan masyarakat kurang mampu, Kamis 17 Agustus 2023 yang bertepatan dengan HUT.RI.Ke-78, Mayjend.TNI.Purnawirawan Andi Sumangerukka,S.E, M.M secara simbolis  menyerahkan 22 Unit Kendaraan Ambulance  yang di tempatkan di 17 Kabupaten/Kota, lewat kegiatan Lounching 22 Ambulance Gratis Untuk Masyarakat Sultra.  yang bertempat di salah satu Hotel Kendari.

Dalam sambutannya Andi Sumangerukka mengungkapkan bahwa sebenarnya ambulans ini ada 30 unit dan sudah lama terparkir, namun masih menunggu momen yang tepat yaitu hari ini tanggal 17 Agustus 2023.

“Ambulans ini sudah lama terparkir, tapi saya menunggu momen ini, yakni tanggal 17, karena tanggal 17 kami punya arti tersendiri, dan juga ada 17 kota/kabupaten yang akan menerima ambulans gratis,” ujar mantan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin.

“Sudah banyak pengalaman kita, apalagi waktu Pandemi Covid-19, di mana saat itu saya masih menjabat sebagai Panglima Kodam banyak masyarakat baik yang sakit ataupun yang meninggal yang tidak terlayani. Saat itulah saya merasa kapan saya bisa memberikan sumbangsih saya kepada masyarakat,” Imbuhnya

ASR juga mengungkapkan bahwa dirinya juga sering menerima laporan dan meminta ambulans yang melayani masyarakat yang berada di pesisir, pegunungan karena tidak mampu datang berobat.

Kanjut Andi Sumangerukka , di momentum hari kemerdekaan ini seharusnya merdeka juga untuk dilayani, seperti beberapa hari yang lalu ada masyarakat yang sakit dan ingin berobat di Makassar.

“Kemarin saya masih melayani masyarakat yang sakit dan berobat di Makassar karena di sini tidak mampu melayani, akhirnya warga yang sakit tersebut meminta kepada saya untuk memfasilitasi, dan saya berangkat dengan ke Makassar dengan menggunakan pesawat, dan kalaupun di Makassar tidak bisa, maka kita akan bawa ke Jakarta,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya Andi Sumangerukka berharap,  dengan kehadiran ambulans gratis ini dapat membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

“Ambulans yang diserahkan ini adalah gratis, artinya warga tinggal pakai karena semua kita sudah siapkan, mulai dari bahan bakarnya sampai gaji dan operasional kendaraan,” ujar ASR.

Tak lupa ASR juga berpesan agar ambulans tersebut dimanfaatkan dengan baik, dan masyarakat yang ingin menggunakan diminta agar menghubungi pihak call center yang sudah disiapkan.

Rudia/Spiritline.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *