banner 728x250
BERITA  

Melihat Kiprah Bidang Humas Polda Jateng di bawah Nakhoda Kombes Iqbal

banner 120x600
banner 468x60

Jateng,Spiritline.Id. – 

banner 325x300

Iklim keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif tak bisa lepas dari peranan hubungan masyarakat (humas) Polri. Melalui sebuah manajemen yang baik ditambah partisipasi aktif seluruh masyarakat serta interaksi yang baik dan dapat diterima publik.  

Di bawah komando Kombes Pol Iqbal Alqudusy, roda tugas pokok dan fungsi Bidang Humas Polda Jawa Tengah berjalan dengan baik. Iqbal menjabat sejak Juni 2021. Berangkat dari situ, banyak program, kebijakan hingga keberhasilan tugas dapat sampai ke masyarakat.  

Iqbal yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996, punya segudang pengalaman mengelola kehumasan. Sebut saja riwayat tugasnya di Divisi Humas Mabes Polri komplit semua Biro sudah dijalani.

Selain itu, Iqbal juga punya pengalaman mentereng sebagai Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Nemangkawi di Papua.  

Salah satu keberhasilannya yang mentereng di Jawa Tengah tatkala mencuat dinamika di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. 

Berkat pengalaman dan kesabaran mengelola isu dan dinamika di Wadas,sehingga gejolak warga di sana dapat diredam sehingga proyek strategis nasional itu memungkinkan untuk digarap. 

Di kalangan wartawan, Kombes Iqbal juga dikenal tak ada sekat. Tak jarang, Kombes Iqbal terlihat bersama-sama para wartawan di pinggir-pinggir jalan, warung-warung sederhana untuk sekedar minum kopi ataupun makan bersama. 

Apa yang dikerjakan Kombes Iqbal juga mendapat apresiasi dari Agus Flores yang notabene pemilik karya Fast Respon Nusantara (FRN), 

“Jadi wajar saya puji Bang Iqbal, karena figur seperti beliau harus diikuti,” kata Agus Flores. 

Lewat press rilis FRN.Polri, Salah satunya, di penghujung Desember 2022 lalu di mana bencana meteorologi melanda Jawa Tengah, khususnya wilayah pantai utara (pantura) tak terkecuali Kota Semarang. 

Ikbal menambahkan Program Polisi Hadir ini bisa ditangkap di pendengar RRI Semarang Program 1 di frekuensi 89 FM dan 8,01 FM serta aplikasi RRI Play Go. Selain itu juga dapat diakses di siaran streaming RRI di internet. .  .  

Penanggung jawab Program 1 RRI Semarang Setya Daraningrum mengapresiasi terobosan kreatif ini.  

“Dengan informasi yang langsung diberikan oleh polisi di lapangan, masyarakat bisa langsung mendapat info dari pihak yang berkompeten yaitu kepolisian,” kata Dara, sapaannya. 

Menerima informasi langsung dari petugas kepolisian, sebut Dara, masyarakat akan lebih tenang. Sebab, informannya kredibel. Selain itu, informasi yang akurat itu sangat membantu menangkal hoaks yang kerap beredar di masyarakat. 

Dara berharap program seperti ini bisa terus dikembangkan Polri untuk membina kedekatan dan memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat. 

*Diganjar Sederet Penghargaan*

Lewat berbagai program dan terobosan kreatifnya, Bidang Humas Polda Jawa Tengah tercatat telah menerima sejumlah penghargaan dari Mabes Polri. Pada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernis) Divisi Humas Polri T.A. 2022 pada 22-23 Maret 2022 di Jakarta, Bidang Humas Polda Jawa Tengah menerima empat penghargaan dari Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Penghargaan bergengsi itu juga diterima dari Polri TV dan Radio untuk beberapa kategori. Di antaranya; peliputan media dan media sosial teraktif pada jajaran Bidang Humas Polda se-Indonesia.  

Dari Polri TV dan Radio memberikan penghargaan kepada Kombes Iqbal sebagai pengirim konten berita terbanyak tingkat Polda dan Polres jajaran, serta kategori pemberitaan kreatif dan kategori rilis terbaik kasus menonjol. 

Tahun sebelumnya, yakni di 2021, Bidang Humas Polda Jawa Tengah juga menyabet penghargaan sebagai pengelola media sosial terbaik.  

Kombes Iqbal sendiri menyebut apa yang diraih itu tidak lepas dari dukungan Kapolda dan Wakapolda Jawa Tengah yang selalu mengarahkan anggota pengemban fungsi humas untuk terus bekerja keras serta mengembangkan skil dan kreativitas.

Selain Kadiv Humas Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi juga memberikan banyak penghargaan langsung kepada Kombes Iqbal karena kinerjanya

Iqbal ternyata juga seorang penulis opini aktif di berbagai media dan telah menelurkan 1 buah buku tentang Polmas yaitu Forum Bankamdes yang sempat dijadikan Buku pedoman pelaksanaan Polmas di seluruh wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah.

“Terima kasih pada Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal yang telah berperan sebagai dirijen orkestra pengelolaan isu secara cepat, tepat dan dapat diterima masyarakat,” tandas Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Rudia/FRN.Sultra

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *