banner 728x90 banner 728x90
BERITA  

Pemilik Lahan di Kecamatan Andowia Sepakat Menjalin Kerjasama Demi Memuluskan Penambangan KSO-Basman

banner 120x600
banner 325x300 banner 325x300

 

Konut,Spiritline.Id

banner 325x300

KSO-Basman kali ini bagaikan kejatuhan durian runtuh, betapa tidak dalam menjalankan usahanya di pertambangan KSO-Basman mendapat peluang dari masyarakat Kecamatan Andowia dalam  mengolah lahan tambang nikel yang luasannya mencapai ratusan hektar.

Peluang tersebut saat berlangsungnya pertemuan antara warga pemilik lahan dengan pihak management KSO-Basman dan dari puluhan perwakilan warga juga terlihat serius mendiskusikan keberadaan lahan mereka.

Pertemuan tersebut bertempat di kediaman Basman sekitar pukul 14.00.Waktu setempat,dan acara pertemuan berakhir dengan melahirkan kesepakatan damai.Kamis,16 Juni 2022 lalu

Selama ini antara KSO-Basman dengan masyarakat Andowia terjadi mix-Komunikasi, sebagaimana yang di sampaikan salah se orang perwakilan Masyarakat Kecamatan Andowia yang juga pemilik lahan.

“Selama ini kami masih curiga mencurigai, dengan adanya kesepakatan ini sudah jelas perjanjiannya, tentu sudah mulus perjalanannnya perusahaan.” 

Sebelum mencapai sepakat berdamai, pihak perusahaan diminta oleh warga untuk memenuhi beberapa persyaratan supaya penambangan KSO-BASMAN bisa tetap beroperasi tanpa ada hambatan lagi. Karena sebelum dimediasi warga setempat melarang ada aktivitas di area lahan mereka jika sebelum permasalahan selesai.

Demi memuluskan perjalanan KSO-Basman dalam menjalankan usahanya saat ber operasi,warga meminta agar memenuhi beberapa persyaratan, di mana persyaratan tersebut berupa ke arifan lokal dengan angka Dollar Amerika, dan pihak perusahaanpun sepakat dengan permintaan tersebut.

Dengan lahirnya kesepakatan Damai, wargapun siap menjaga dan memastikan bahwa proses pelaksanaan kegiatan pertambangan tetap berjalan, di mana ada ratusan Kepala Keluarga di Kecamatan Andowia akan memiliki hasil usaha dari Pertambangan KSO-Basman.

Terbangunnya Sinergitas yang baik antara masyarakat dan Perusahaan dan saling menjaga profesionalitas tentu akan melahirkan pula hubungan harmonis, sebagaimana yang di sampaikan salah se orang dari pihak perusahaan,Pak Leo

 “Semoga dengan adanya kesepakatan ini, KSO-BASMAN dan warga Kecamatan Andowia selaku  penilik lahan  dapat bersinergy dan selalu menjaga hasil kesepakatan yang telah tersepakati”

Dalam kesepakatan tersebut dilengkapi dengan Surat Perjanjian Kesepakatan Komitmen yang ditandatangani oleh Humas KSO-BASMAN selanjutnya pihak kedua perwakilan warga Andowia pemilik lahan. Dan untuk saksi-saksi perjanjian itu dilampirkan daftar hadir beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Andowia.

. “Kami berdua selalu berkolaborasi antara perwakilan pemilik lahan untuk tetap menjaga keamanan,” Lanjut Leo.

Dalam pertemuan tersebut Humas KSO- Basman juga ikut merasa legah

” masalah ini sudah menemukan kesepakatan, “Saya berharap kepada kedua belah pihak semoga jangan terjadi lagi permasalahan seperti ini lagi.” .

Rudia/Spiritline.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *