banner 728x90 banner 728x90
BERITA  

Rusaknya Jaringan Pipa Air Bersih Di Desa Mowundo Kecamatan Molawe, Di Duga Adanya Aktivitas Penambangan Ore Nickel

banner 120x600
banner 325x300 banner 325x300

KONUT -Spiritline.Id. Masyarakat Desa Mowundo Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengalami krisis Air Bersih.

banner 325x300

Hal itu disebabkan jaringan pipa air bersih di Desa tersebut, rusak akibat terjangan lumpur dari lokasi aktivitas penambangan ore nickel.

Masyarakat setempat melalui Kepala Desa Mowundo Naniyatin  mengungkapkan bahwa selaku pemerintah desa mowundo, dirinya sangat menyayangkan kejadian tersebut, seharusnya pihak perusahaan yang melakukan kegiatan penambangan, harus melihat sarana-prasarana Air bersih milik masyarakat. 

Menurut Kedes Mowundo, Perusahaan tambang harus melihat lokasi itu dengan cermat, Apakah bisa dil lakukan aktivitas nambang atau tidak. Apalagi di wilayah itu,  dekat dengan sumber air bersih yang menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat.

” Saya kira didalam undang-undang telah mengatur bahwa radius 400 meter untuk sumber mata air masyarakat, tidak boleh melakukan penambangan,” tegas Naniyatin Kades Mowundo.

” Harapan kami selaku Pemdes dan masyarakat agar ada penanganan terkait masalah sumber air  dari pihak perusahaan untuk mengadakan pipa yang kwalitasnya bagus  , pihak perusahaan mencarikan sumber mata air yang lain yang jauh dari sentuhan penambangan,” harap Naniyatin saat dihubungi awak media pada Jumat (18/02/2022).

Pasalnya, Sekarang sudah 6 hari masyarakat desa  Mowundo mengalami krisis air bersih, kami sudah survey dilokasi kejadian, ternyata pipa air bersih itu sudah tertimbun tanah merah  kisaran 2 meter serta pipa induk tersebut juga  tertimbun dengan kayu besar yang berserahkan.

Untuk diketahui, sampai berita ini disiarkan, pihak penambang nickel di wilayah desa mowundo, belum diketahui apa dan siapa penambang yang dinilai sebagai penyebab rusaknya jaringan pipa air bersih tersebut.
Tim.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *