banner 728x90 banner 728x90
BERITA  

Sistem Transformasi , PJ Gubernur Sultra Harapkan ASN Gunakan Sistem Merit Dalam Tata Kelola SDM

banner 120x600
banner 325x300 banner 325x300

KENDARI – Sistem Transformasi, Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto mengharapkan kepada Aparatur Negara Sipil (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) menggunakan Sistem Merit dalam mengelola Sumber daya Manusia (SDM).

banner 325x300

Berdasarkan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Sistem Merit adalah kebijakan dan Manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Sementara itu, Dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2023, Sistem Merit merupakan penyelenggaraan sistem Manajemen ASN sesuai dengan prinsip meritokrasi.

Selain itu, Andap Budhi Revianto mengatakan, Sejak awal menerima amanah sebagai penjabat Gubernur Sultra sudah memiliki tekad kuat membenahi sistem dan mekanisme kerja di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, Menerapkan Sistem Merit dalam tata kelola SDM, bertujuan bisa mengantar Sultra lebih unggul, maju, damai, dan sejahtera.

“Saya berharap agar Pemprov Sultra bisa melakukan transformasi sistem kerja melalui pembenahan tata kelola manajemen kepegawaian. Dengan penerapan sistem merit, maka mulai dari proses rekrutmen, penempatan tugas dengan konsep manajemen talenta, pola kerja akan menghasilkan output yang dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Sistem kerja profesional akan membuat daerah lebih cepat maju dan sejahtera,” ujarnya PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, Selasa (26/3/2024)

Lebih lanjut, Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Konsep ini telah sukses diimplementasikan di lingkup Kementerian Hukum dan HAM RI. Andap Budhi Revianto yang juga menjabat Sekretaris Jendral Kemenkumham RI memiliki peran strategis dalam pencapaian sistem tata kelola manajemen ASN tersebut.

Untuk itu, Posisi Andap Budhi Revianto selaku Sekretaris Jendral (SekJend) Kemenkumham RI sekaligus menjabat sebagai Pj Gubernur memberikan kesempatan besar bagi Pemprov Sultra dalam mengadopsi sistem tranformasi yang telah dilakukan Kemenkumham RI. Realisasinya, seluruh Kepala OPD, Kepala SMA dan sederajat, serta sekda kabupaten/kota di Sultra hadir dalam studi tiru bersama Biro SDM Kemenkumham RI di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Selasa (26/03/24).

“Studi tiru ini diisi dengan penyampaian materi dan diskusi mengenai proses dan tata kelola pengadaan calon ASN serta implementasi sistem merit dan manajemen talenta yang berorientasi pada perbaikan mekanisme kerja,” terangnya (Colly)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *