banner 728x90 banner 728x90
BERITA  

Sosialisasi PT.Gerbang Multi Sejahtera Dalam Rangka Rencana Kegiatan Pasca Tambang Di Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan

banner 120x600
banner 325x300 banner 325x300

.

Spiritline.id-Konawe Selatan, Sosialisasi Publik Yang di Laksanakan di Hotel Wixel Kendari, terkait PT.Gerbang Multi Sejahtera (GMS) yang selama ini melakukan penggalian Ore Nikel di Desa Amesiu Kecamatan Laonti.Kamis, 14 Oktober 2021.

banner 325x300

Adapun yang hadir dalam Sosialisasi tersebut, dari Pihak Kementerian ESDM, Kadis DLH Kabupaten Konsel,Riswan Mangidi.ST,Dinas Tataruang Konsel, Kapolsek Laonti Iptu.Hazanuddin,SH. Danramil Moramo,Kapten Inf.Yan Patete.

Sementara dari pihak PT.GMS di Wakili oleh Kepala Tehnik Tambanang (KTT) dan Project Manager Muh.Aris.ST.  dan jajarannya serta para tokoh masyarakat dan kepala Desa yang masuk lingkar tambang.

Tujuan di laksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut oleh PT.Gerbang Multi Sejahtera (GMT) guna menampung aspirasi serta saran masyarakat yang masuk di wilayah area tambang di Kecamatan Laonti.

Kegiatan tersebut terbagi dua sesi, di mana sesi pertama membahas pasca tambang dalam kegiatan reklamasi perusahaan dan menyerap aspirasi masyarakat yang di wakili masing masing Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Kecamatan Laonti.

Antosias masyarakat dalam mengeluarkan pendapat serta masukan kepada pihak perusahaan cukup tertata, sehingga selama dialog berlangsung terlihat seru, dan akan menjadi acuan pihak perusahaan dalam menentukan kebijakan pemurnian dan peruntukannya sesuai dengan amanat peraturan perundang undangan No.3 Tahun 2021 tentang Pasca tambang atau Reklamasi.

Dalam pembahasan di sesi ke dua,masuk di materi sosialisasi pengembangan pemberdayaan masyarakat lingkar tambang, di mana para kepala Desa sekaligus mewakili masyarakat lingkar tambang terlihat antosias dalam memberikan pertanyaan pertanyaan, serta langkah langkah seperti apa pihak perusahaan dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat lingkar tambang.

Masyarakat sangat berharap pihak perusahaan mampu merealisasikan berbagai sarana, seperti Infrastruktur jalan, Tanggul pemecah Ombak, sebab sebelumnya  pihak PT GMS telah merealisasikan beberapa bantuan, seperti Asrama Mahasiswa Laonti, Bus Sekolah,tempat Ibadah di 9 sekolah,Ambulance Laut, Kompensasi, Beasiswa bagi yang berprestasi,dan juga  sembilan bahan pokok.

Terkait permintaan Infrastruktur jalan pihak perusahaan sejak dulu sudah masuk dalam agenda, namun terkendala dengan persoalan pembebasan lahan sebagaimana yang di sampaikan Project Manager PT.GMS, Muh.Aris.ST


“Sebenarnya persoalan Infrastruktur jalan, kami dari pihak perusahaan sejak awal sudah masuk dalam agenda kerja kami dalam program kerja pemberdayaan masyarakat, namun lagi lagi kami terkendala dengan persoalan pembebasan lahan, sebab ada Desa yang masyarakatnya tidak mau menghibahkan lahannya sama sekali, mudah mudahan dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi hari ini, Kepala desa mampu juga mensosialisasikan kepada masyarakatnya yang sampai hari ini belum mau menghibahkan tanahnya, sehingga pada saat kami bekerja sudah tidak ada lagi hambatan”


Rudia/Spiritline

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *